Pages

Tuesday, November 1, 2011

PSHK Luncurkan Klip Undang-Undang

Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) kembali meluncurkan episode terbaru LAWmotion berjudul “Tentang Undang-undang”. Episode #7, sesuai judulnya, mengangkat tema proses pembentukan peraturan perundang-undangan (legislasi). Berbeda dengan episode-episode sebelumnya, LAWmotion kali ini menggunakan format video klip musik.

Sebagaimana diketahui, LAWmotion adalah upaya kreatif menyebarkan gagasan hukum dalam bentuk animasi agar menjadi lebih mudah dipahami oleh kalangan yang lebih luas. PSHK mengaku terinspirasi oleh berbagai presentasi Graphic Recorder yang telah ada sebelumnya. LAWmotiondibuat PHSK dengan tujuan agar hukum menjadi dekat dengan masyarakat sehingga makin banyak orang bisa terlibat secara kritis dalam pembuatan maupun pelaksanaannya.

“Untuk LAWmotion episode ini, kami membuatnya dalam format video musik. Untuk musik dan liriknya, kami bekerja sama dengan grup musik Max D’Rabbit yang berhasil menuangkan proses legislasi yang dianggap rumit melalui lagu yang mudah untuk didendangkan bersama-sama. Kami berharap video musik ini bisa juga menjadi alat bantu dalam proses pendidikan hukum, termasuk untuk anak-anak,” papar Produser LAWmotion, Amalia Puri Handayani, dalam siaran pers.

Ditambahkan Amalia, lagu “Tentang Undang-Undang” ini menjelaskan gambaran umum tentang terbentuknya suatu peraturan. Melalui lagu ini, lanjutnya, PSHK ingin mendorong keterlibatan masyarakat dalam proses legislasi.

“Kami berharap upaya sederhana ini bisa disambut dengan baik oleh berbagai kalangan dan berhasil mewujudkan banyak kolaborasi serta inovasi baru untuk perubahan,” pungkas Amalia.

Untuk menyaksikan LAWmotion #7 video musik lagu “Tentang Undang-Undang”, silakan buka linkhttp://bit.ly/rAe9Dw.


sumber: hukumonline.com